Home » » Cara Menghitung Masa Kerja atau Umur

Cara Menghitung Masa Kerja atau Umur



Kadang-kadang dalam urusan melengkapi administrasi kepegawaian atau hal sejenisnya kita diminta mengisi data tentang masa kerja kita selama menjadi pegawai. Baik masa kerja golongan atau masa kerja keseluruhan. Untuk keperluan ini biasanya agak dibuat repot karena harus menghitung masa kerja secara manual. Apalagi kalau kita ditugasi untuk menghitung masa kerja dan usia seluruh rekan guru, membuat kita lebih repot.

Untuk keperluan itu dalam posting ini saya sampaikan program menghitung masa kerja atau menghitung umur ( dalam tahun dan bulan). Cara menggunakannyapun sangat mudah. Kita tinggal memasukkan data TMT atau tanggal lahir  maka masa kerja atau umur kita akan tampil dalam tahun dan bulan (sekian tahun, sekian bulan).
Rumus yang digunakan adalah sebagai berikut:

Rumus untuk mencari tahun
Rumus untuk mencari bulan
C5 adalah sel tempat kita memasukkan tahun TMT atau tanggal lahir. D5 adalah sel tempat hasil perhitungan tahun menggunakan rumus atas (mencari tahun)

Sebagai contoh perhatikan gambar berikut!

Dari gambar di atas dapat kita ketahui bahwa Abu yang tanggal lahirnya 1 Maret 1991, sekarang ( 5 Maret 2014 , saat tulisan ini di unggah ) umurnya 22 tahun, 1 bulan.  Angka-angka pada kolom tahun dan bulan akan berubah seiring perubahan hari/tanggal.

Demikian semoga bermanfaat.

Untuk memperoleh file dari kambar di atas bisa didownload di sini

0 komentar:

Posting Komentar