Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup CV yang baik dan Menarik

Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup CV yang baik dan Menarik. Informasi tentang calon karyawan sangat penting bagi perusahaan dalam proses penyeleksian. Karena itulah, daftar riwayat hidup atau curriculum vitae (CV) sering menjadi syarat utama bagi pelamar pekerjaan. CV akan menjadi bahan pertanyaan saat wawancara, sekaligus penilaian. Maka, menyajikan CV dengan baik penting untuk menunjukkan kemampuan yang dimiliki. Karena hal itu kami dari team www.informasiterbaru.web.id merasa perlu untuk membahas topik Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup CV yang baik dan Menarik
Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup CV yang baik dan Menarik

Seorang manajer human resources development (HRD) biasanya hanya butuh beberapa detik untuk membaca setiap CV yang masuk, sebelum memutuskan bahwa pelamar mengikuti seleksi berikutnya atau tidak. Dari scanning tersebut manajer HRD cukup melihat poin penting yang memenuhi kriteria dan memberi kontribusi bagi perusahaaan. Itu berarti, pelamar perlu cepat memberikan kesan baik lewat CV.
CV tidak perlu panjang, maksimal dua halaman. Fokuslah pada kekuatan yang dimiliki dan sejarah karier yang pernah dijalani. Menurut beberapa sumber, ada beberapa hal yang perlu dicermati untuk membuat membuat daftar riwayat hidup CV yang baik dan Menarik.

1. Pernyataan Pribadi

Pernyataan pribadi penting untuk menunjukkan bahwa pelamar adalah orang yang tepat bergabung di perusahaan yang dituju. Pelamar dapat menyampaikan alasan disertai ketrampilan yang relevan dengan posisi yang dikehendaki. Maka perlu pula disebutkan dalam CV apa saja yang dapat dilakukan jika terpilih menjadi karyawan di perusahaan tersebut.

2. Ketrampilan

Menurut Paul Mac Kenzie, dalam Cereer Builder, ada tiga tipe ketrampilan yang menjadi kunci terpilihnya seorang pelamar yakni transferable, berkaitan dengan pekerjaan, dan adaptif. Transferable berarti ketrampilan yang telah dipelajari dalam satu bidang pekerjaan dapat disesuaikan dengan bidang baru yang dilamar, misalnya penjualan dan pemasaran. Akan lebih baik lagi, jika pekerjaan sebelumnya berkaitan langsung dengan posisi yang dilamar. Sedangkan adaptif yaitu ketrampilan yang dimiliki tidak dibuktikan dengan pengalaman, tetapi ciri-ciri kepribadiannya mendukung, seperti ulet, tekun, dan mampu memecahkan masalah.
Ada beberapa ketrampilan yang sering dibutuhkan perusahaan, antara lain mampu berkomunikasi, kerja dalam tim, memiliki inisiatif, memecahkan masalah, dan luwes. Selain itu, saat ini calon pekerja juga perlu menguasai ketrampilan teknis dan komputer untuk menunjang kinerja. Ketrampilan tersebut dapat dikuatkan dengan sertifikat atau piagam penghargaan.

3. Riwayat Pekerjaan

Isi mengenai riwayat pekerjaan turut menjadi sorotan perusahaan. Paul juga menyebutkan tiga jenis CV yang berbeda berdasarkan riwayat pekerjaan. Tipe pertama yaitu kronologis. Jenis ini digunakan jika riwayat pekerjaan pelamar mirip dengan pekerjaan yang baru. Pelamar dapat menunjukkan rekam jejak dalam mencapai karier di perusahaan sebelumnya. Ada pula functional CV. Format ini digunakan untuk pelamar yang sudah lama mengundurkan diri dari pekerjaannya dan ingin berganti karier.
Dalam CV tersebut, pelamar lebih menonjolkan pengalaman dan ketrampilan yang berkaitan dengan pekerjaan yang dilamar. Pelamar dapat menuliskan jenis ketrampilan yang dimiliki sebagai subjudul, baik dari pekerjaan profesional maupun yang bersifat sukarela.
Jenis lain CV kombinasi. Pelamar dapat membagi atau menggabungkan riwayat pekerjaan. Riwayat pekerjaan dapat dibedakan menjadi dua yaitu pekerjaan yang relevan dan pekerjaan lain yang tidak berkaitan.

4. Pendidikan

Pada bagian ini, pelamar sebaiknya menuliskan riwayat pendidikan dengan singkat saja. Tuliskan tempat pendidikan, baik sekolah maupun perguruan tinggi beserta jurusan yang dipilih. Bagian ini sangat penting bagi pelamar yang baru lulus. Karena, perusahaan akan menilai berdasarkan hasil akademik yang diperoleh. Meski pengalaman masih dinilai lebih baik, perusahaan juga perlu mengetahui latar belakang pendidikan dari pegawainya.
Oleh karena itu, pelamar perlu menyusun kualifikasi yang dimiliki secara rapi dan usahakan CV tetap bersih saat dikirim. Selain itu menggunakan ejaan dan tata bahasa yang baik menjadi standar yang harus dipenuhi pelamar. Demikian ulasan tentang Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup CV yang baik dan Menarik semoga bermanfaat. selamat mencari kerja.

Panduan Membuat RPP kurikulum 2013

Berikut ini dijabarkan Cara Menyusun atau Panduan Membuat RPP Kurikulum 2013 yang penting bapak-ibu guru pelajari karena kurikulum 2006/KTSP sudah digantikan dengan kurikulum 2013.
Dalam Panduan Membuat RPP kurikulum 2013 ini pengertian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yaitu seperangkat rencana yang menjadi pedoman guru dalam melaksanakan tahapan pembelajaran. Namun kenyataan banyak guru beranggapan bahwa menyusun RPP tidak penting. Bagi mereka, yang terpenting adalah masuk di kelas dan siswa mendapat pelajaran.
Kurikulum 2013
Pemikiran demikian ini perlu menjadi perhatian para Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah. Suatu hal yang tidak bisa ditawar, bahwa RPP wajib disusun oleh guru sebelum guru masuk kelas. Karena dengan adanya perencanaan guru telah menetapkan segala keperluan serta metode yang harus diterapkan ketika melaksanakan pembelajaran termasuk dapat mengelolah waktu secara efisien. Dengan demikian memungkinkan tujuan pembelajaran mudah dicapai.
Oleh karena itu diperlukan model RPP yang memenuhi standar minimal. Berdasarkan uraian tersebut di atas, maka bahan belajar penyusunan RPP ini disusun mengacu pada Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 tentang implementasi kurikulum 2013 khususnya pedoman umum pembelajaran.
Dalam Permendikbud ini dinyatakan bahwa Rencana pelaksanaan pembelajaran adalah rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu yang mengacu pada silabus. RPP kurikulum 2013 mencakup :
  1. Data sekolah, matapelajaran, dan kelas/semester;
  2. Materi pokok; 
  3. Alokasi waktu; 
  4. Tujuan pembelajaran, KD dan indikator pencapaian kompetensi; 
  5. Materi pembelajaran; metode pembelajaran; 
  6. Media, alat dan sumber belajar; 
  7. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran; dan 
  8. Penilaian.
Setiap guru di setiap satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP untuk kelas di mana guru tersebut mengajar (guru kelas) di SD dan untuk guru matapelajaran yang diampunya untuk guru SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK. Pengembangan RPP dapat dilakukan pada setiap awal semester atau awal tahun pelajaran, dengan maksud agar RPP telah tersedia terlebih dahulu dalam setiap awal pelaksanaan pembelajaran. Pengembangan RPP dapat dilakukan secara mandiri atau secara berkelompok.
Penjelasan tentang Panduan Membuat RPP kurikulum 2013 ini merupakan ringkasan materi dari TOT Implementasi Kurikulum 2013 Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) SD/SMP/SMA/SMK Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan 2013, dan kalau dijelaskan semuanya di artikel ini pastilah tidak cukup tempat, jadi silakan bapak ibu guru download saja panduan lengkapnya di Download Panduan Membuat RPP kurikulum 2013dalam format pdf sehingga akan memudahkan dalam membaca, mempelajari dan membuat RPP kurikulum 2013. Untuk contoh RPP SD bisa di klik di RPP SD 2013. Demikian informasi tentang Panduan Membuat RPP kurikulum 2013 semoga bermanfaat.

[Download] Model Pembelajaran Inovatif dan Menarik

Beberapa hari kemarin di wilayah dinas saya telah dilaksanakan Lomba Inovasi Pembelajaran Tingkat Kecamatan. Beberapa peserta mengikuti kegiatan ini dan merupakan perwakilan dari beberapa Gugus Sekolah (GUSLAH). Diantara peserta sempat bertanya apa saja bentuk MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN yang menarik bagi siswa dan juga tadi pagi ada teman dunia maya saya bertanya dan menginginkan MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN sebagai bahan skripsi beliau.
Dan secara kebetulan saya memiliki beberapa contoh MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN dari jiqsaw, pengajaran sinergis,dll. File ini juga saya peroleh dari COPAS saat mengikuti beberapa diklat dan mendapatkan dari beberapa teman.
Berikut filenya yang bisa Anda downoad
Semoga bermanfaat

Macam-macam Kode Surat Lembaga

Bapak/Ibu guru demi lancarnya kegiatan administrasi dilembaga terutama perihal surat-menyurat, kali ini kang Martho ingin berbagi beberapa macam kode surat yang sudah barang tentu berbeda sesuai dengan jenis klasifikasinya. Untuk itu bisa Anda copas juga unduh file tentang kode surat tersebut di bawah ini
Secara Dasar di bawah ini:
I. Klasifikasi Dasar :
000 UMUM
100 PEMERINTAHAN
200 POLITIK
300 KEAMANAN / KETERTIBAN
400 KESEJAHTERAAN RAKYAT
500 PEREKONOMIAN
600 PEKERJAAN UMUM DAN KETENAGAAN
700 PENGAWASAN
800 KEPEGAWAIAN
900 KEUANGAN
II. Klasifikasi Rincian Singkat
000 UMUM
010 URUSAN DALAM
020 PERALATAN
030 KEKAYAAN DAERAH
040 PERPUSTAKAAN / DOKUMEN/ KEARSIPAN/ SANDI
050 PERENCANAAN
060 ORGANISASI / KETATALAKSANAAN
070 PENELITIAN
080 KONPERENSI
090 PERJALANAN DINAS
100 PEMERINTAHAN
110 PEMERINTAHAN PUSAT
120 PEMDA TK.I
130 PEMDA TK.II
140 PEMERINTAH DESA
150 DPR-MPR
160 DPRD TK.I
170 DPRD TK.II
180 HUKUM
190 HUBUNGAN LUAR NEGERI
200 POLITIK
210 KEPARTAIAN
220 ORGANISASI KEMASYARAKATAN
230 ORGANISASI PROFESI & FUNGSIONAL
240 ORGANISASI PEMUDA
250 ORGANISASI BURUH, TANI, NELAYAN
260 ORGANISASI WANITA
270 PEMILIHAN UMUM
280 -
290 -
300 KEAMANAN / KETERTIBAN
310 PERTAHANAN
320 KEMILITERAN
330 KEAMANAN
340 PERTAHANAN SIPIL
350 KEJAHATAN
360 BENCANA
370 KECELAKAAN
380 -
390 -
400 KESEJAHTERAAN RAKYAT
410 PEMBANGUNAN DESA
420 PENDIDIKAN
430 KEBUDAYAAN
440 KESEHATAN
450 AGAMA
460 SOSIAL
470 KEPENDUDUKAN
480 MEDIA MASSA
490 -
500 PEREKONOMIAN
510 PERDAGANGAN
520 PERTANIAN
530 PERINDUSTRIAN
540 PERTAMBANGAN KESAMUDRAAN
550 PERHUBUNGAN
560 TENAGA KERJA
570 PERMODALAN
580 PERBANKAN / MONETER
590 AGRARIA
600 PEKERJAAN UMUM & KETENAGAAN
610 PENGAIRAN
620 JALAN
630 JEMBATAN
640 BANGUNAN
650 TATA RUANG KOTA
660 TATA LINGKUNGAN
670 KETENAGAAN
680 PERALATAN
690 AIR MINUM
700 PENGAWASAN
710 BIDANG PEMERINTAHAN
720 BIDANG POLITIK
730 BIDANG KEAMANAN / KETERTIBAN
740 BIDANG KESRA
750 BIDANG PEREKONOMIAN
760 BIDANG PEKERJAAN UMUM
770 -
780 BIDANG KEPEGAWAIAN
790 BIDANG KEUANGAN
800 KEPEGAWAIAN
810 PENGADAAN
820 PENGANGKATAN & MUTASI
830 KEDUDUKAN
840 KESEJAHTERAAN
850 CUTI
860 PENILAIAN
870 TATA USAHA
880 PEMBERHENTIAN
890 PENDIDIKAN
900 KEUANGAN
910 ANGGARAN
920 OTORISASI
930 VERIVIKASI
940 PEMBUKUAN
950 PERBENDAHARAAN
960 PEMBINAAN KEBENDAHARAAN
970 PENDAPATAN
980 -
990 BENDAHARAWAN

untuk mendapatkan file excelnya klik Di sini