RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
1. IDENTITAS MATA PELAJARAN
a. | Nomor RPP : | 01 |
b. | Mata Pelajaran : | Matematika |
c. | Kelas/Semester : | X/1 |
d. | Jumlah pertemuan : | 7 Pertemuan |
e. | Pertemuan ke : | 1 s.d. 7 |
f. | Alokasi Waktu : | 12 Jam Pelajaran |
2. STANDAR KOMPETENSI
1. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan bentuk pangkat, akar, dan logaritma
3. KOMPETENSI DASAR
1.1. Menggunakan aturan pangkat, akar, dan logaritma
4. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
• Menjelaskan definisi bilangan berpangkat bulat positif
• Mengubah bentuk pangkat negatif ke pangkat positif dan sebaliknya
• Mengubah bentuk akar ke bentuk pangkat dan sebaliknya
• Melakukan operasi aljabar pada bentuk pangkat, dan akar
• Menyederhanakan bentuk aljabar yang memuat pangkat rasional
• Merasionalkan bentuk akar
• Mengubah bentuk pangkat ke bentuk logaritma dan sebaliknya
5. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah peserta didik mengikuti materi ini diharapkan mereka mampu untuk :
• Menghitung nilai bilangan berpangkat bulat positif, nol, dan bulat negative
• Menghitung nilai dari bentuk akar dan logaritma
• Menyederhanakan penjumlahan, pengurangan, dan perkalian bentuk akar
• Menggunakan sifat-sifat bilangan berpangkat, bentuk akar, dan logaritma dalam memyelesaikan masalah
6. | MATERI AJAR Bentuk pangkat, akar, dan logaritma | |
7. | METODE PEMBELAJARAN a. Pendekatan Pembelajaran : | Student Centered Approach |
b. Strategi Pembelajaran : c. Metode Pembelajaran : | Group-individual Learning Diskusi, tanya jawab, presentasi, dan permainan. |
8. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke-1 (2 x 45’) : Bilangan Berpangkat Bulat Positif, Negative, dan Nol
No. | Kegiatan Belajar | Waktu |
1. | Pendahuluan a. Orientasi • Menuliskan judul di papan tulis • Menjelaskan secara singkat materi dan kompetensi yang akan dimiliki siswa sebagai hasil belajar • Menuliskan indicator yang harus di kuasai siswa b. Apersepsi • Mengingatkan kembali materi perkalian berulang dan bentuk pangkatan | 10’ |
1
c. Motivasi • Memberikan gambaran manfaat materi bentuk pangkat, akar, dan logaritma dalam kehidupan sehari-hari • Menghubungkan manfaat belajar bilangan berpangkat, akar, dan logaritma bagi mata pelajaran lain | ||
2. | Kegiatan Inti a. Eksplorasi • Siawa menanggapi permasalahan-permasalahan sederhana yang diberikan guru untuk mengarahkan ke konsep bilangan berpangkat • Siswa menyimak penyampaian materi melalui power point sambil berinteraksi dengan temannya melalui pertanyaan-pertanyaan yang diajukan guru b. Elaborasi • Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dengan jumlah antara 5 sampai 6 untuk membahas latihan soal • Guru berkeliling untuk memfasilitasi kalau ada permasalahan yang ditemukan siswa • Presentasi pembahasan soal yang dianggap kurang dipahami oleh siswa c. Konfirmasi • Guru melakukan tanya jawab sambil mengarahkan siswa menemukan jawaban atas permasalahan yang ditemukan • Siswa yang aktif atau berhasil menyelesaikan permasalahan diberikan reward • Siswa yang belum aktif diberikan motivasi | 75’ |
3. | Penutup • Siswa membuat kesimpulan • Siswa diberi penugasan terstruktur untuk pertemuan selanjutnya • Siswa diberi kegiatan mandiri tidak terstruktur | 5’ |
Pertemuan ke-2 (2 x 45’) : Bentuk Akar
No. | Kegiatan Belajar | Waktu |
1. | Pendahuluan a. Orientasi • Menuliskan judul di papan tulis • Menjelaskan secara singkat materi dan kompetensi yang akan dimiliki siswa sebagai hasil belajar • Menuliskan indicator yang harus dikuasai siswa b. Apersepsi • Mengingatkan kembali materi sebelumnya • Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan disampaikan c. Motivasi • Memberikan gambaran manfaat materi bentuk akar dalam kehidupan sehari-hari | 5’ |
2. | Kegiatan Inti a. Eksplorasi • Dengan tanya jawab membahas tentang bentuk akar dan cara mengubah bentuk akar menjadi bilangan berpangkat dan sebaliknya • Dengan tanya jawab siswa membedakan bentuk akar dan bukan bentuk akar b. Elaborasi • Siswa mendiskusikan bilangan-bilangan bentuk akar dan mengubahnya menjadi bilangan berpangkat • Siswa mendiskusikan cara menyederhanakan bentuk akar • Siswa mengerjakan latihan soal yang diberikan • Siswa membahas latihan yang dikerjakan c. Konfirmasi • Guru mengarahkan siswa menemukan jawaban atas permasalahan yang ditemukan • Siswa yang aktif atau berhasil menyelesaikan permasalahan diberikan reward • Siswa yang belum aktif diberikan motivasi | 80’ |
3. | Penutup • Siswa membuat kesimpulan. • Siswa diberi penugas terstruktur untuk pertemuan selanjutnya. | 5’ |
2
Pertemuan ke-3 (1 x 45’) : Latihan
No. | Kegiatan Belajar | Waktu |
1. | Pendahuluan a. Orientasi • Menuliskan kembali nomor-nomor soal pada penugasan terstruktur b. Apersepsi • Mengingatkan kembali materi yang sudah dipelajari • Menuliskan kesimpulan materi yang sudah dipelajari c. Motivasi • Menyampaikan manfaat tugas yang telah dikerjakan | 5’ |
2. | Kegiatan Inti a. Eksplorasi • Siswa mempresentasikan tugas yang telah dikerjakannya • Siswa dibimbing untuk mengingat kembali apabila ada materi yang lupa b. Elaborasi • Siswa mendiskusikan hasil presentasi dari temannya • Siswa memberikan tanggapan, sanggahan, atau alternative penyelesaian dari tugas yang dibahas c. Konfirmasi • Guru memberikan penguatan dari hasil presentasi dan diskusi • Siswa diberikan reward bagi yang sudah aktif • Siswa diberikan motivasi bagi yang belum aktif | 35’ |
3. | Penutup • Siswa diarahkan membuat kesimpulan • Siswa diberi tugas untuk pertemuan selanjutnya. | 5’ |
Pertemuan ke-4 (2 x 45’) : Operasi Aljabar pada Bentuk Akar, Menarik Akar Kuadrat
No. | Kegiatan Belajar | Waktu |
1. | Pendahuluan a. Orientasi • Menuliskan judul di papan tulis • Menjelaskan secara singkat materi dan kompetensi yang akan dimiliki siswa sebagai hasil belajar • Menuliskan indicator yang harus dikuasai siswa b. Apersepsi • Mengingatkan kembali materi sebelumnya • Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan disampaikan c. Motivasi • Memberikan gambaran manfaat materi bentuk akar dalam kehidupan sehari-hari | 5’ |
2. | Kegiatan Inti a. Eksplorasi • Dengan tanya jawab siswa membahas tentang operasi aljabar pada bentuk akar • Dengan diskusi siswa menarik akar kuadrat b. Elaborasi • Siswa mempresentasikan hasil diskusinya • Siswa mengerjakan latihan soal yang diberikan • Siswa membahas latihan yang dikerjakan c. Konfirmasi • Guru mengarahkan siswa menemukan jawaban atas permasalahan yang ditemukan • Siswa yang aktif atau berhasil menyelesaikan permasalahan diberikan reward • Siswa yang belum aktif diberikan motivasi | 80’ |
3. | Penutup • Siswa membuat kesimpulan. • Siswa diberi tugas untuk pertemuan selanjutnya. | 5’ |
3
Pertemuan ke-5 (2 x 45’) : Merasionalkan Penyebut
No. | Kegiatan Belajar | Waktu |
1. | Pendahuluan a. Orientasi • Menuliskan judul di papan tulis • Menjelaskan secara singkat materi dan kompetensi yang akan dimiliki siswa sebagai hasil belajar • Menuliskan indicator yang harus dikuasai siswa b. Apersepsi • Mengingatkan kembali materi sebelumnya • Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan disampaikan c. Motivasi • Memberikan gambaran manfaat materi bentuk akar dalam kehidupan sehari-hari | 5’ |
2. | Kegiatan Inti a. Eksplorasi • Dengan mengisi lembar kerja, siswa membahas tentang merasionalkan penyebut b. Elaborasi • Siswa mempresentasikan hasil diskusinya • Siswa mengerjakan latihan soal yang diberikan • Siswa membahas latihan yang dikerjakan c. Konfirmasi • Guru mengarahkan siswa menemukan jawaban atas permasalahan yang ditemukan • Siswa yang aktif atau berhasil menyelesaikan permasalahan diberikan reward • Siswa yang belum aktif diberikan motivasi | 80’ |
3. | Penutup • Siswa membuat kesimpulan. • Siswa diberi tugas untuk pertemuan selanjutnya. | 5’ |
Pertemuan ke-6 (1 x 45’) : Pangkat Pecahan
No. | Kegiatan Belajar | Waktu |
1. | Pendahuluan a. Orientasi • Menuliskan judul di papan tulis • Menjelaskan secara singkat materi dan kompetensi yang akan dimiliki siswa sebagai hasil belajar • Menuliskan indicator yang harus dikuasai siswa b. Apersepsi • Mengingatkan kembali materi sebelumnya • Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan disampaikan c. Motivasi • Memberikan gambaran manfaat materi pangkat pecahan dalam kehidupan sehari-hari | 2’ |
2. | Kegiatan Inti a. Eksplorasi • Dengan tanya jawab membahas tentang pangkat pecahan • Dengan mengisi lembar kerja siswa lebih memahami tentang pangkat pecahan b. Elaborasi • Siswa mendiskusikan cara menyelesaikan soal tentang pangkat pecahan • Siswa mempresentasikan hasil diskusi c. Konfirmasi • Guru mengarahkan siswa menemukan jawaban atas permasalahan yang ditemukan • Siswa yang aktif atau berhasil menyelesaikan permasalahan diberikan reward • Siswa yang belum aktif diberikan motivasi | 40’ |
3. | Penutup • Siswa membuat kesimpulan. • Siswa diberi tugas untuk pertemuan selanjutnya. | 3’ |
4
Pertemuan ke-7 (2 x 45’) : Logaritma
No. | Kegiatan Belajar | Waktu |
1. | Pendahuluan a. Orientasi • Menuliskan judul di papan tulis • Menjelaskan secara singkat materi dan kompetensi yang akan dimiliki siswa sebagai hasil belajar • Menuliskan indicator yang harus dikuasai siswa b. Apersepsi • Mengingatkan kembali materi sebelumnya • Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan disampaikan c. Motivasi • Memberikan gambaran manfaat materi bentuk akar dalam kehidupan sehari-hari | 5’ |
2. | Kegiatan Inti a. Eksplorasi • Dengan ceramah dan tanya jawab siswa mempelajari definisi logaritma b. Elaborasi • Dengan permainan memasukkan kartu siswa mengubah bentuk logaritma ke bentuk pangkat dan sebaliknya • Siswa berdiskusi mencari nilai suatu logaritma • Siswa mendiskusikan membahas latihan soal c. Konfirmasi • Guru mengarahkan siswa menemukan jawaban atas permasalahan yang ditemukan • Siswa yang aktif atau berhasil menyelesaikan permasalahan diberikan reward • Siswa yang belum aktif diberikan motivasi | 80’ |
3. | Penutup • Siswa membuat kesimpulan. • Siswa diberi tugas untuk pertemuan selanjutnya. | 5’ |
9. SUMBER BELAJAR
a. Sumber Belajar : Buku paket erlangga, lembar kerja, modul, power point, table logaritma, dan alat hitung
elektronik
b. Alat dan Media Belajar : Kartu-kartu soal dan jawaban untuk permainan mencari pasangan pada pertemuan ke-3,
kartu-kartu angka dan karton untuk media pemasangan kartu-kartu angka pada perubahan bentuk logaritma menjadi pangkat dan sebaliknya pada pertemuan ke-7
10. PENILAIAN HASIL BELAJAR
a. Teknik Penilaian : Penugasan dan tes tertulis (kuis)
b. Bentuk Instrumen : Tugas terstruktur, Kegiatan mandiri tidak terstruktur, dan uraian
c. Instrumen Penilaian :
0 komentar:
Posting Komentar