Home » » MARI BELAJAR FACEBOOK DAN BLOG WORDPRESS

MARI BELAJAR FACEBOOK DAN BLOG WORDPRESS

WEBSITE JARINGAN SOSIAL
v FaceBook.com merupakan situs sosial network, sama halnya dengan friendster atau sosial network lainnya, namun yang menyenangkan atau kelebihan dari facebook adalah adanya fasilitas chat sehingga terjadinya kamunikasi langsung antar sesama teman yang online..
Langkah memulai facebook :
1. ketikkan alamat www.facebook.com di address internet explorer atau mozilla.



2. Untuk memudahkan dalam proses pendaftaran gantilah tampilan bahasa ke bahasa Indonesia (bisa menggantinya pada bagian kiri bawah). Selanjutnya siswa bisa mengisi form yang telah disediakan, mulai dari Nama depan, Nama Belakang, E-mail, Kata Sandi, Jenis Kelamin, dan Tanggal Lahir, dan kemudian klik link Daftar.
3. Selanjutnya siswa akan disuruh memasukkan kode yang tertera pada gambar ke form yang telah disediakan, dan klik link Daftar.

4. Bila benar memasukkan kode tersebut (ingat setiap join mempunyai kode vertifikasi yang berbeda-beda), maka akan muncul halaman pemberitahuan bahwa telah berhasil dan diharapkan melakukan vertifikasi email dengan klik link yang di kirim melalui e-mail yang siswa daftarkan tadi. Maka
masuk ke account email dan klik link tersebut.





5. Masuk login ke email siswa dan mendapatkan email dari facebook, kemudian klik link tersebut.
6. Sampai tahap ini maka siswa sudah berhasil Join di FaceBook. Selanjutnya akan dihadapkan pada 3 tahap tentang informasi tentang siswa yang bersangkutan (bila tidak berkenan mengisinya, siswa bisa melewatinya dengan klik link lewati bawah ini).
1) Tahap 1, siswa di hadapkan dengan fitur “import friend” dari account e-mail anda. caranya mudah, cukup tulis alamat email dan password siswa. Tapi jika enggan, lewati saja dengan menekan tombol lewati di bawah
2) Tahap 2, siswa di hadapkan dengan form Fill Out Yor Profile Info. Isi informasi siswa mengenai sekolah, universitas, dan tempat kerja dll, hal ini akan memudahkan fitur “friend finder” nantinya.
3) Tahap 3, siswa akan diberikan form kosong untuk memilih network. Network di facebook merupakan fitur pembagian yang serius, dan jangan main – main dengan hal ini. Klik link other countries di bawah kolom, lalu pilih Indonesia. Klik Join.
7. Setelah 3 tahap tersebut terlewati, maka akan dihadapkan pada dasbord (halaman control/utama).


v Ada dua elemen dasar yang selalu ada pada halaman facebook :
1. Menu Utama di bagian atas halaman, elemennya (dari kiri ke kanan) :
· Home - link menuju halaman home / utama
· Profile - link menuju profile anda
· Friends - link menuju halaman berisi daftar teman anda, lengkap dengan status update-nya
· Inbox - link menuju kotak pesan pribadi anda. Anyway, jika ada pesan baru di inbox anda, sebuah popup berisi jumlah pesan baru yang masuk dan belum terbaca akan muncul.
· Nama Anda – Link menuju halaman profile anda, seperti link profile
· Settings - Link menuju halaman pengaturan, dimana anda bisa men-setting account facebook anda, mulai dari merubah data pribadi, menambah atau meninggalkan networks, pengaturan notifikasi (e-mail yang dikirim ke alamat anda berisi update kegiatan account facebook anda), pengaturan dan pengaturan facebook mobile, dan pengaturan bahasa
· Logout - Link untuk sign out dari facebook
· Form pencarian – untuk mencari teman.
2. Menu aplikasi yang “menempel” di bagian bawah browser (dari kiri ke kanan) :
· Application box – berisi daftar aplikasi yang di bookmark / terinstall dengan account facebook anda. Klik box ini, maka daftar aplikasi tersebut akan muncul, seperti ketika anda meng-klik icon start di sudut kiri bawah windows
· 5 bookmarked application icon – ikon 5 aplikasi teratas yang anda bookmark. Untuk menentukan 5 ikon yang akan tampil di menu aplikasi anda, cukup dengan klik appliaction box yang paling kiri itu, lalu di drag and drop ke urutan 5 dari atas, di bawah title bookmarks. Jika anda mengklik icon tersebut, anda akan dibawa ke halaman applikasi tersebut
· Facebook Chat ( Online Friends ) - Di sebelah kanan, ada aplikasi facebook chat yang menunjukan ada berapa teman dalam friendlist anda yang sedang terhubung dengan facebook dan bisa anda ajak chatting via facebook chat. Klik, sebuah list berisi daftar teman akan muncul, terus klik seorang teman untuk diajak chat. lalu chatting.
· Notification - klik, maka sebuah daftar berisi notifikasi aktifitas terakhir yang berhubungan dengan anda akan muncul . Sangat bermanfaat, seperti melihat apakah ada seseorang yang mengisi dinding anda, dll.
· Chat Setting - Untuk mengatur profile chatting anda. seperti membuat fitur chat berada di halaman sendiri yang terpisah agar lega, atau ingin berselancar di facebook tapi offline di facebook chat? bisa diatur disini.
v Elemen halaman HOME/BERANDA :
Di halaman ini kita bias mengetahui aktifitas dan kabar dari teman kita. Dan kita bias membagikan info aktifitas kita pada teman kita smua.
2. Elemen pada sidebar :
  • Request
Jika ada permintaan, entah permintaan menjadi teman atau ajakan menggunakan aplikasi terbaru, akan anda dapati “peringatan”nya disini.
  • Application
Link menuju halaman Application yang anda bookmark.
  • Invite Your Friends
Kesepian di facebook? Undang teman – teman anda yang masih mendiami the old frienster dengan mengirimkan e-mail undangan anda. Klik, masukan alamat e-mail teman-teman anda, dan biarkan facebook mengirimkan mereka undangan bergabung
  • Pokes
poke, arti harafiahnya “sapaan”. coba lihat profile teman anda, di bawah avatar utamanya. Misalkan nama teman anda Anto, ada link “poke  Anto”? Yep, poke merupakan fitur untuk itu. Misalkan anda mengunjungi profile seseorang, dan sekedar ingin memberitahukan pemilik profile tersebut bahwa anda mengunjungi profilenya, dari pada post wall yang tidak nyambung lebih baik di “poke”. Pokes yang ada di halaman home ini menunjukan orang – orang yang mem-poke anda.
  • Birthdays
Sesuai namanya, mengabarkan jika anda teman anda yang berulang tahun.
  • People You May Know
Aplikasi yang menganalisa jaringan friendlist anda, merekomentasikan orang lain yang mungkin anda kenal berdasarkan hal tersebut.
v Elemen halaman PROFILE :
Menu utama di atas dan menu aplikasi yang menempel di bawah browser tetap sama, namun kontennya berbeda. Garis besarnya, kita dapat mengatakan bahwa halaman profile facebook ini terdiri dari tiga kolom :
1) Kolom sidebar di sebelah kiri
Kolom paling kiri berisi avatar utama, link kirim pesan, personal information, daftar teman, dan aplikasi – aplikasi yang ditampilkan di profile.
2) Kolom utama yang berada di tengah
Kolom di tengah berisi “main content” dari halaman profile yang disajikan dalam bentuk tab : Tab Wall yang berisi update status dan feed kegiatan anda sendiri, Tab Info yang berisi informasi personal mengenai diri anda, Tab Photos yang berisi foto yang anda upload dan foto orang lain yang di tag dengan nama anda, serta foto – foto yang dikumpulkan menjadi photo album, tab Boxes yang berisi aplikasi yang anda bookmark, dan tab + untuk menambahkan tab baru di profile anda.
3) Kolom advertise di sebelah kanan
Kolom di sebelah kanan, berisikan advertising.

VI. MEMBUAT BLOG DI WORDPRESS.COM
1. Langkah pertama, ketik-lah “http://www.wordpress.com” di web browser seperti gambar dibawah ini
2. Langkah kedua, apabila anda sudah masuk kedalam situs wordpress maka silahkan pilih dan tekan tombol sign-up/Daftar Sekarang. langkah ini menyatakan bahwa anda akan segera mendaftarkan diri anda dalam situs tersebut sebagai seorang blogger.


3. Langkah ketiga, isilah form yang telah disediakan seperti gambar dibawah ini. Kemudian klik Next


  • username : isikan nama yang akan menjadi inisial blog anda. misal anda mengisikan kata yudhiship. maka inisial anda adalah yudhiship sekaligus blog anda akan ber-alamatkan di http://www.yudhiship.wordpress.com
  • password : pass itu artinya lewat, word itu artinya kata. jadi password adalah kata sandi.
  • confirm : untuk me-ricek password yang sudah anda tulis dan inginkan.
  • email address : alamat email anda, agar pihak dari wordpress dapat melakukan konfirmasi kepada anda jika selama nge-blog anda mendapatkan kiriman komentar, ataupun jika ada informasi penting lainnya yang berkaitan dengan acount milik anda.
  • check box pertama : itu adalah check box yang harus anda klik untuk menyatakan bahwa anda sudah membaca term of service yang disediakan
  • check box kedua : itu adalah check box untuk memilih sesuai dengan pilihan yang anda inginkan.
4. Langkah keempat, setelah password sudah anda isikan dengan benar, maka anda akan dibawa kehalaman ini. Isikan form yang ada dan klik tombol Sigup.



5. Langkah kelima, maka akan dilanjutkan konfirmasi email anda dengan mengisi form profil anda. Kemudian klik Save Profile.


6. Langkah keenam, setelah anda selesai melakukan aktivasi, maka anda perlu melakukan konfirmasi ulang yang sudah di sertakan di email anda. kemudian setelah itu anda bisa memulai untuk menulis. Maka masuklah ke inbox Email untuk aktivasi dari email anda.


7. Langkah ketujuh, akan ditampilakan bahwa keanggotaan anda sudah disetujui wordpress tim. Klik Login.


8. 


Langkah delapan, masukkan email dan password anda sesuai langkah diatas, klik Masuk Log.


9. Langkah sembilan, akan tampil menu utama / Dasbor anda. Selamat membuat blog anda.


v MENULIS ARTIKEL
  1. Pada panel sidebar sebelah kiri, klik tab Tulisan > Tambahan Baru
  2. Silahkan tuliskan artikel anda pada tempat yang tersedia.
  3. pada kolom Tag, klik tambah dan masukkan kata kunci dari artikel anda.
  4. pada kolom Kategori, klik Tambah Kategori Baru untuk mengelompokkan artikel.
  5. Klik simpan naskah dan klik terbitkan


v MENGEDIT NASKAH
  1. Pada panel sidebar sebelah kiri, klik tab Tulisan > Sunting.
  2. ubah atau hapus tulisan artikel yang ingin diedit.
  3. dan simpan kembali hasil perubahan artikel anda.
v MENGUPLOAD FILE (Foto, dokumen, video dll)
  1. Pada panel sidebar sebelah kiri, klik tab Media > Tambahkan Baru.
  2. Klik Pilih Berkas
  3. Pilihlah tempat penyimpanan file tsb
  4. Klik Open
  5. Tunggu Proses pengiriman data sampai selesai.
v MENAMBAH HALAMAN BARU
  1. Pada panel sidebar sebelah kiri, klik tab Halaman > Tambahkan Baru.
  2. Lakukan penulisan artikel lagi
  3. Untuk pengeditan Klik tab Halaman > Sunting.
v MENGGANTI THEME LAYOUT BLOG
  1. Pada panel sidebar sebelah kiri, klik tab Tampilan > Tema.
  2. Klik salah satu bentu layout theme yang diinginkan.
  3. Simpan.
v MENGEDIT PROFIL ANDA
1. Setelah login, klik Profil Saya
2. Di bagian paling bawah ada menu Mengenai dirimu > isi biodata Anda
3. Tulislah sesuai kehendakmu tentang profil anda dan upload foto profil anda.
4. Klik Perbarui Profil
v upload foto profil:
1. Klik browse di bagian kiri atas -> masukkan foto di komputer Anda.
2. Klik menu Upload
3. Setelah foto muncul, klik Perbarui Profil
v MENDAFTARKAN BLOG ANDA KE WEBSITE SEARCH
Setelah kita memiliki blog tentu yang perlu dilakukan selanjutnya adalah mengelola dan mempublikasinya. Mengelola berarti selalu melakukan pengkinian (updating) akan isi blog. Dengan mempublikasikan kita berada pada jalur menyebarkannya seluas mungkin agar banyak yang mengenal blog yang kita miliki.Maka tak heran bila pertanyaan awal yang sering diajukan blogger pemula yang sadar akan pentingnya blog terindeks oleh mesin pencari adalah “bagaimana cara mendaftar ke Google/Yahoo?”. Kedua mesin pencari yang disebut barusan adalah situs pencari rujukan paling terkemuka. Tentu banyak yang sudah memanfaatkan mesin pencari Google dan Yahoo kan? tentu pula sadar akan ampuhnya kemampuan mereka untuk menunjang publikasi blog yang lebih luas.Nah, bila setuju untuk melakukan pendaftaran ke mesin pencari tadi, berikut cara yang bisa kita tempuh :
1. Mendaftar ke www.google.com
Buka alamat tautan berikut : http://www.google.com/addurl/
Masukan alamat URL, kata kunci (pada kolom Comments) dan masukan rangkain huruf untuk verifikasi. Terakhir klik tombol Add URL.


1. Mendaftar ke www.yahoo.com
Namun persyaratannya untuk mendaftar ke Yahoo adalah kita harus memiliki akun Yahoo/ email di yahoo.com. Maka bila kita akan membuka alamat diatas akan diminta untuk masuk log (log in) terlebih dahulu. Masukan alamat URL blog pada kolom seperti tertayang berikut dan klik SubmitURL

0 komentar:

Posting Komentar