Home » » Panduan Membuat RPP kurikulum 2013

Panduan Membuat RPP kurikulum 2013

Berikut ini dijabarkan Cara Menyusun atau Panduan Membuat RPP Kurikulum 2013 yang penting bapak-ibu guru pelajari karena kurikulum 2006/KTSP sudah digantikan dengan kurikulum 2013.
Dalam Panduan Membuat RPP kurikulum 2013 ini pengertian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yaitu seperangkat rencana yang menjadi pedoman guru dalam melaksanakan tahapan pembelajaran. Namun kenyataan banyak guru beranggapan bahwa menyusun RPP tidak penting. Bagi mereka, yang terpenting adalah masuk di kelas dan siswa mendapat pelajaran.
Kurikulum 2013
Pemikiran demikian ini perlu menjadi perhatian para Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah. Suatu hal yang tidak bisa ditawar, bahwa RPP wajib disusun oleh guru sebelum guru masuk kelas. Karena dengan adanya perencanaan guru telah menetapkan segala keperluan serta metode yang harus diterapkan ketika melaksanakan pembelajaran termasuk dapat mengelolah waktu secara efisien. Dengan demikian memungkinkan tujuan pembelajaran mudah dicapai.
Oleh karena itu diperlukan model RPP yang memenuhi standar minimal. Berdasarkan uraian tersebut di atas, maka bahan belajar penyusunan RPP ini disusun mengacu pada Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 tentang implementasi kurikulum 2013 khususnya pedoman umum pembelajaran.
Dalam Permendikbud ini dinyatakan bahwa Rencana pelaksanaan pembelajaran adalah rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu yang mengacu pada silabus. RPP kurikulum 2013 mencakup :
  1. Data sekolah, matapelajaran, dan kelas/semester;
  2. Materi pokok; 
  3. Alokasi waktu; 
  4. Tujuan pembelajaran, KD dan indikator pencapaian kompetensi; 
  5. Materi pembelajaran; metode pembelajaran; 
  6. Media, alat dan sumber belajar; 
  7. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran; dan 
  8. Penilaian.
Setiap guru di setiap satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP untuk kelas di mana guru tersebut mengajar (guru kelas) di SD dan untuk guru matapelajaran yang diampunya untuk guru SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK. Pengembangan RPP dapat dilakukan pada setiap awal semester atau awal tahun pelajaran, dengan maksud agar RPP telah tersedia terlebih dahulu dalam setiap awal pelaksanaan pembelajaran. Pengembangan RPP dapat dilakukan secara mandiri atau secara berkelompok.
Penjelasan tentang Panduan Membuat RPP kurikulum 2013 ini merupakan ringkasan materi dari TOT Implementasi Kurikulum 2013 Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) SD/SMP/SMA/SMK Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan 2013, dan kalau dijelaskan semuanya di artikel ini pastilah tidak cukup tempat, jadi silakan bapak ibu guru download saja panduan lengkapnya di Download Panduan Membuat RPP kurikulum 2013dalam format pdf sehingga akan memudahkan dalam membaca, mempelajari dan membuat RPP kurikulum 2013. Untuk contoh RPP SD bisa di klik di RPP SD 2013. Demikian informasi tentang Panduan Membuat RPP kurikulum 2013 semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar